5 Investasi Jangka Panjang yang Patut Dicoba Para Pengusaha Muda

By | April 7, 2020

Investasi merupakan cara paling efektif menyelamatkan semua aset Anda. Toh, investasi memiliki dampak positif untuk meningkatkan nilai kekayaan Anda dengan memilih jenis investasi yang tepat. Bagi pengusaha muda yang memiliki stabilitas ekonomi, investasi jangka panjang merupakan hal yang patut dipertimbangkan. Anda yang masih menjadi pengusaha pemula tetap bisa melakukan hal yang sama, kok. Berikut 5 investasi jangka panjang pengusaha muda yang harus Anda coba.

  • Emas

Investasi jangka panjang yang paling banyak diminati orang dari berbagai kalangan mulai kelas atas hingga bawah adalah emas. Logam mulia satu ini menjadi pilihan utama karena harga yang terus menanjak sepanjang waktu. Risiko investasi emas juga lebih rendah meskipun pasar saham mungkin mengalami penurunan. Saat Anda membutuhkan kucuran dana lebih cepat untuk tambahan modal usaha atau biaya operasional perusahaan, emas lebih mudah dicairkan.

Jika tertarik melakukan investasi jangka panjang pengusaha muda berbentuk emas, Anda harus memilih investasi emas dalam bentuk batangan. Emas batangan memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan dengan emas dalam bentuk perhiasan yang ada di toko-toko. Perhisan emas biasanya diolah dengan tambahan bahan lain sehingga tidak memiliki kadar emas 99,9 persen. Mulai investasi dengan membeli emas batangan kecil terlebih dahulu, misalnya ukuran 5 dan 10 gram hingga merambah ke nilai yang lebih besar sesuai dana keuntungan usaha yang Anda miliki.

  • Properti

Bisnis properti merupakan salah satu usaha yang terus mengalami perkembangan yang signifikan. Nilai properti semakin hari semakin naik mengingat kebutuhan masyarakat pada tempat tinggal yang layak. Anda bisa memulai investasi jangka panjang pengusaha muda yang aman dan menguntungkan ini.

Bisnis properti yang Anda pilih tergantung dengan keinginan, misalnya tanah dan bangunan. Harga tanah bisa mengalami kenaikan sebesar 15-20 persen setiap tahun lho! Bangunan yang bisa bernilai investasi adalah rumah, ruko atau apartemen. Selain bisa dijadikan penghasilan tambahan dengan menyewakannya, Anda juga bisa memiliki investasi jangka panjang sebab bangunan bisa saja memiliki nilai jual tinggi, misalnya rumah dan apartemen di perkotaan.

  • Asuransi

Tak hanya pengusaha muda saja yang wajib mempertimbangkan asuransi, semua orang pasti membutuhkan proteksi, bukan? Anda bisa melakukan perlindungan aset dengan memilih asuransi. Selektif memilih penyedia jasa asuransi sebelum Anda mendaftar polis asuransi yang bernilai investasi. Pastikan Anda membaca kontrak secara teliti agar asuransi bisa memberikan keuntungan ganda yang maksimal ya!

Produk asuransi sekaligus investasi memiliki pertimbangan tersendiri, berbeda dengan konsep asuransi murni atau tradisional. Pelajari produk asuransi unitlink lebih lanjut kalau Anda tertarik mencoba investasi jangka panjang pengusaha muda yang memberikan proteksi untuk finansial kedepannya.

  • Saham

Investasi jangka panjang pengusaha muda yang harus dicoba di era modernisasi adalah menanam saham. Mencoba menginvestasikan sebagian dana Anda ke perusahaan dalam bentuk saham, maka Anda menjadi bagian dari kepemilikan perusahaan. Hal yang harus diperhatikan para pengusaha muda sebelum menanamkan modal berupa saham adalah mempertimbangkan prospek kemajuan perusahaan tersebut.

Jika perusahaan mamu berkembang lebih maju, Anda bisa mendapatkan keuntungan investasi jangka panjang ini. Selain itu, harga jual saham Anda bisa naik berlipar ganda lho! Pandai menanamkan modal saham di perusahaan prospektif akan membuka peluang Anda mendapatkan penghasilan besar selain keuntungan perusahaan personal.

  • Reksadana saham

Investasi jangka panjang pengusaha muda yang prospektif dan menguntungkan adalah reksadana saham. Jenis investasi yang terdiri dari obligasi, saham dan pasar uang. Reksadana memberikan kelebihan pertumbuhan modal jangka panjang untuk para pemegang saham. Sangat cocok diimplementasikan oleh pengusaha muda yang ingin memiliki pengalaman dan menaklukkan tantangan.

Hal yang perlu Anda tahu mengenai investasi jangka panjang pengusaha muda ini adalah risiko terburuk. Ya, reksadana tetap memiliki risiko yang bisa saja terjadi seperti reksadana bisa untung atau rugi tergantung instrumen tepat yang Anda pilih. Reksadana juga tidak memiliki jaminan pemerintah dan tidak memiliki proteksi jiwa. Siapkan mental Anda untuk memulai investasi jangka panjang yang memiliki risiko. Kalau tidak pernah mencoba, kapan Anda akan tahu apa yang akan terjadi kelak? Jangan takut memilih reksadana selama Anda memilih instrumen yang tepat.

5 jenis investasi jangka panjang pengusaha muda di atas bisa menjadi inspiransi untuk Anda yang hendak memulai langkah besar. Lakukan investasi sejak dini untuk meminimalisir risiko bisnis masa depan. Anda tidak bisa menjamin usaha yang kini tengah digeluti bakal terus berjaya, bukan?

Namun, Anda tidak perlu khawatir selama melakukan inovasi yang mengikuti perkembangan tren masyarakat agar usaha tetap bisa bertahan di tengah gempuran persaingan ketat. Keberadaan investasi jangka panjang bisa menjadi salah satu penyelamat finansial Anda saat hal buruk terjadi, misalnya kebangkrutan usaha. Yuk, lakukan investasi mulai sekarang dengan jenis investasi yang sesuai kemampuan finansial Anda!